TRAINING MANAJEMEN KLAIM ASURANSI RUMAH SAKIT :(28-29 November 2018, Yogyakarta)(4-5 Desember 2019, Bogor )(12-13 Desember 2019, Bandung )(19-20 Desember 2019, Yogyakarta )(30-31 Desember 2019, Jakarta)

PENGANTAR

Kebijakan dan peraturan dari kemenkes tentang pelayanan asuransi rs (cari perundang2an yang berlaku).

Kasus yang berkaitan dengan klaim asuransi kesehatan di rumah sakit maupun klinik banyak ditemui di beberapa media. Bagi peserta asuransi kesehatan atau pemegang polis asuransi permasalahan utamanya adalah klaim terhadap biaya kesehatan pada perusahaan asuransi, juga klaim dari rumah sakit kepada perusahaan asuransi.

Sistem klaim yang digunakan oleh perusahaan asuransi kesehatan ada 2 yaitu :

  1. Sistem penggantian (reimbursement) berarti peserta asuransi harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar tagihan biaya pengobatan yang kemudian dapat melakukan klaim atau meminta penggantian kepada perusahaan asuransi dimana pasien menjadi peserta asuransi.
  2. Sistem provider berarti peserta asuransi tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu. Pasien hanya dibekali dengan kartu keanggotaan asuransi kesehatan guna mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan di rumah sakit atau klinik kesehatan yang telah dipilih oleh pasien atau peserta asuransi sebelumnya berdasarkan daftar rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut.

TUJUAN TRAINING

  • Mengetahui jenis2 asuransi yang wajib dilayani di rumah sakit.
  • Memahami konsep administrasi klaim
  • Mampu melakukan proses administrasi klaim (Registrasi klaim, verifikasi klaim, dan laporan hasil verifikasi)
  • Memahami langkah-langkah verifikasi klaim (Verifikasi administrasi, verifikasi klaim rawat jalan, dan verifikasi klaim rawat inap)
  • Memahami Fraud dan moral hazard (Jenis-jenis moral hazard, antisipasi moral hazard, teknik identifikasi moral hazarddan fraud
  • Mampu melakukan analisis dan umpan balikdata klaim (Retrospective review)

MATERI TRAINING

Konsep Kerjasama Asuransi – PPK (RS/ Klinik)

    1. Proses seleksi (faktor apa saja yang menjadi pertimbangan asuransi untuk kerjasama/ tidak dengan PPK
    2. Aneka sistem pembayaran yang bisa disepakati, serta plus-minusnya bagi provider
    3. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkontrak dengan penyelenggara jaminan kesehatan (Asuransi, Bapel, Self Insured Company)
    4. Faktor-faktor penyebab yang sering mengakibatkan penundaan pembayaran klaim oleh pihak penanggung biaya pelayanan kesehatan (Asuransi/ Bapel atau Perusahaan)
    5. Tips yang dapat diusahakan rumah sakit untuk menghindari penundaan/ penolakan pembayaran oleh pihak penanggung.
    6. Definisi moral hazard dan fraud serta dampak terhadap biaya kesehatan dan antisipasi terhadap moral hazard
    7. Jenis-jenis kecurangan klaim dan modus operandi yang banyak ditemukan dari hasil verifikasi oleh claim analisis perusahaan asuransi (lebih difokuskan pada kecurangan oleh peserta/ perusahaan asuransi.
    8. Manfaat melakukan verifikasi tagihan klaim oleh rumah sakit sebelum tagihan dikirim.
    9. Teknik verifikasi tagihan klaim
    10. Tips verifikasi klaim rawat jalan
    11. Tips verifikasi klaim rawat inap

PESERTA

direktur/manajer keuangan rumah sakit, bendahara yayasan/rumah sakit, staf ahli pajak rumah sakit/yayasan dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terhadap proses kerjasama dengan pihak Asuransi

TRAINER

Tim Konsultan PT. GANESHA INTI PERSADA

DURASI TRAINING

2 hari (efektif 14 jam)

INVESTASI

Rp. 4.250.000,00/peserta

FASILITAS

Sertifkat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang

INFORMASI DAN PROMO

021-22830080

0812-9560-8022 (WA)

METODE TRAINING

Metode interaktif, presentasi, diskusi, studi kasus

CONTACT PERSON

0812-9560-8022 (WA)

0812-9679-1324 (WA)

JADWAL TRAINING TAHUN 2019 :

November

  • 4-5 November 2018, Jakarta
  • 11-12 November 2018, Bogor
  • 19-20 November 2018, Bandung
  • 28-29 November 2018, Yogyakarta

Desember

  • 4-5 Desember 2019, Bogor
  • 12-13 Desember 2019, Bandung
  • 19-20 Desember 2019, Yogyakarta
  • 30-31 Desember 2019, Jakarta

JADWAL TRAINING TAHUN 2020:

Januari

  • 2-3 Januari 2020, Jakarta
  • 9-10 Januari 2020, Yogyakarta
  • 16-17 Januari 2020, Bogor
  • 23-24 Januari 2020, Bandung

Februari

  • 6-7 Februari 2020, Yogyakarta
  • 12-13 Februari 2020, Bandung
  • 20-21 Februari 2020, Bogor
  • 27-28 Februari 2020, Jakarta

Maret

  • 2-3 Maret 2020, Bogor
  • 9-10 Maret 2020, Jakarta
  • 16-17 Maret 2020, Yogyakarta
  • 23-24 Maret 2020, Bandung

April

  • 1-2 April 2020, Bogor
  • 8-9 April 2020, Jakarta
  • 15-16 April 2020, Bandung
  • 23-24 April 2020, Yogyakarta

Mei

  • 4-5 Mei 2020, Jakarta
  • 11-12 Mei 2020, Yogyakarta

Juni

  • 8-9 Juni 2020, Bogor
  • 15-16 Juni 2020, Jakarta
  • 22-23 Juni 2020, Yogyakarta
  • 29-30 Juni 2020, Bandung

Juli

  • 2-3 Juli 2020, Jakarta
  • 8-9 Juli 2020, Bogor
  • 15-16  Juli 2020, Bandung
  • 22-23 Juli 2020, Yogyakarta

Agustus

  • 4-5 Agustus 2020, Bogor
  • 11-12 Agustus 2020, Jakarta
  • 18-19 Agustus 2020, Yogyakarta
  • 25-26 Agustus 2020, Bandung

September

  • 1-2 September 2020, Yogyakarta
  • 8-9 September 2020, Jakarta
  • 15-16 September 2020, Bandung
  • 22-23 September 2020, Bogor

Oktober

  • 5-6 Oktober 2020, Bandung
  • 12-13 Oktober 2020, Jakarta
  • 19-20 Oktober 2020, Yogyakarta
  • 26-27 Oktober 2020, Bogor

November

  • 2-3 November 2020, Bandung
  • 9-10 November 2020, Jakarta
  • 16-17 November 2020, Yogyakarta
  • 23-24 November 2020, Bogor

Desember

  • 1-2 Desember 2020, Bandung
  • 8-9 Desember 2020, Bogor
  • 15-16 Desember 2020, Jakarta
  • 22-23 Desember 2020, Yogyakarta